GUBERNUR PROV. SUL-SEL CANANGKAN BENDUNGAN PAMUKKULU DENGAN ESTIMASI ANGGARAN RP. 950 M.

PP. Takalar. Gubernur Prov. Sul-Sel DR. H. Syahrul Yasin Limpo,SH,M.Si.,MH canangkan Bendungan Pamukkulu yang berlokasi di Desa Kale Ko’mara Kec. Polongbangkeng Utara Kab. Takalar disaksikan oleh Plt. Bupati Takalar, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Je’neberang (BBWSPJ), Para Anggota Forkopimda, Para Pimpinan Pimpinan SKPD, Para Kabag. Setda. Kab. Takalar, Camat Polut bersama jajaran. (Selasa: 02 / Pebruari 2017).

Bendungan yang ditargetkan selesai dalam waktu Tiga Tahun ini menggunakan luas lahan sekitar 640 hektar dari 4 Dusun di Desa Kale Ko’mara yang berpenghuni + 240 Kepala Keluarga (KK).

Ir. H. Darmawan Bintang,M.Dev,Plg selaku Plt. Bupati Takalar melaporkan bahwa “ sudah ada 75 hektar lahan yang sudah siap dibayarkan dan 25 hektar masih dalam pembahasan karena merupakan bagian adari hutan lindung.”

Dijelaskan pula bahwa bendungan ini merupakan satu-satunya bendungan yang sudah siap dikerjakan tahun ini karena menurut Plt. Bupati Takalar “ jika 100 hektar lahan ini sudah dibebaskan, pengerjaan fisik bendungan tersebut sudah bisa berjalan.”

Gubernur Prov. Sul-Sel dalam arahannya berharap kepada warga di Desa Kale Ko’mara untuk tidak mempersulit Pemerintah dalam proses pembangunan proek bendungan ini karena juga untuk kepentingan masyarakat demi peningkatan kesejahteraan mereka. Beliau menginginkan agar di tahun 2018 nanti sudah ada kelihatan fisiknya dalam proyek pembangunan bendungan ini. Beliau menghimbau juga kepada kades Ko’mara dan Camat Polut untuk turun tangan bantu melakukan proses pembebasan lahan.

Sementara itu, Kepala BBWSPJ Agus Setiawan dalam laporannya di hadapan Gubernur Prov. Sul-Sel mengatakan bahwa proses pengerjaan fisik diestimasikan sebesar Rp 950 Milyar dengan proyek multiyears. Bendungan ini memiliki daya tampung maksimal 81,3 meter kubik yang mampu mengairi lahan pertanian seluas 6430 hektar di tiga daerah irigasi yaitu Pamukkulu, Dinggau dan Jenemarung. Selain itu manfaat lain bendungan ini adalah penyediaan air baku 133 liter perdetik, pembangkit tenaga mikro hidro 215 MW, perikanan tawar dan pariwisata.(Hms: Syam Naba)

 

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*