Bawaslu Takalar Hari Ini: Laksanakan Pelatihan Saksi Partai Solidaritas Indonesia

pembaharuanpost.com.—-Bertempat di kantor Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kabupaten Takalar  Bawaslu Kabupaten Takalar melaksanakan pelatihan bagi para saksi dari partai besutan Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep. dan kegiatan ini di ikuti puluhan saksi, Korcam dan Kordes yang memenuhi ruangan Kantor secretariat Partai  tersebut.

Hadir  dalam kegiatan tersebut Ketua PSI Kabupaten Takalar Sudirman Lili. S.Sos, serta jajaran pengurus partai PSI lainnya. Kegiatan pelatihan saksi tersebut di buka langsung oleh Komisioner Bawaslu Takalar Zahlul Padil.S.Pd. yang juga merupakan Divisi Hukum Pencegahan, parmas dan Humas.

“ Kegiatan pelatihan saksi ini adalah merupakan kewajiban dan tanggung jawab bawaslu Kabupaten Takalar. Dan merupakan amanat dari UU Nomor 7 tahun 2017, pasal 351 yang menyatakan bahwa  saksi dilatih oleh bawaslu. Jadi bukan hanya partai yang melatih saksi akan tetapi bawaslu juga melatih saksi. Mengapa ini penting ?, karena kita semua baik partai politik, KPU maupun Bawaslu adalah stakeholder memegang peranan penting dalam TPS. Kami berharap bahwa semua yang terlibat dalam TPS harus terlibat aktif.” Harap Zahlul Padil.S.Pd.

Pelatihan saksi untuk Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kabupaten Takalar ini, pihak Bawaslu Takalar menghadirkan narasumber mantan Komisioner Bawaslu Kabupaten Gowa 2018-2023 yaitu Suharli. SI.

Dalam pemaparannya Suharli  menjelaskan tugas dan tanggung jawab saksi di TPS. “ saksi adalah orang yang mendapatkan mandate tertulis dari tingkat kabupaten atau pasangan calon  yang diusulkan oleh partai politik  untuk pemilihan calon presiden dan calon wakil presiden. Yang selanjutnya bahwa Tugas pokok saksi peserta pemilu adalah memastikan proses pemungutan suara dan penghitungan perolehan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) tidak ada kecurangan serta memastikan benar-benar sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan..”

Lebih jauh mantan komisioner bawaslu Gowa  ini menjelaskan bahwa. “Sekalipun demikian, saksi TPS juga terikat oleh sejumlah larangan, termasuk larangan mempengaruhi pemilih, melihat pemilih mencoblos surat suara di dalam bilik, atau membantu persiapan dan pengisian formulir pemungutan suara dan hasil penghitungan suara.”

Demikian juga Tanggung Jawab dan Tugas Saksi TPS. Menurut Suharli,  bahwa Saksi TPS bertanggung jawab utama untuk memastikan bahwa Pemilu dan penghitungan suara dilakukan secara jujur, adil, dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Berikut adalah sejumlah tugas yang harus dilaksanakan oleh saksi TPS.

Hadir pada tahap persiapan, pembukaan TPS, dan selama proses pemungutan hingga penghitungan suara, Berpartisipasi dalam pemeriksaan perlengkapan pemungutan suara dan penghitungan suara di TPS. Menyaksikan langsung jalannya pemungutan dan penghitungan suara di TPS., Membimbing pemilih dan memberikan penjelasan kepada Ketua KPPS mengenai pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara., Berhak mengajukan keberatan kepada KPPS jika terjadi kesalahan atau pelanggaran dalam proses pemungutan dan penghitungan suara. Dan serta Menerima salinan formulir, Berita Acara Pemungutan dan Penghitungan Suara, dan sertifikat hasil penghitungan suara sebagai bukti pelaksanaan tugasnya.

(zalman)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*