MENYAMBUT MILAD KE 6 KPA LONTARA ADVENTURE MELAKUKAN KEGIATAN PENELUSURI JEJAK PAHLAWAN NASIONAL KAB. TAKALAR (RANGGONG DG. ROMO)

PP. Takalar. Kelompok Pecinta Alam Lontara Adventure adalah sebuah Komunitas yang bergelut di Bidang Lingkungan Hidup dan Pelestarian Alam, Markas KPA Lontara Ini Bertempat di Lingkungan Palleko, Kel. Palleko, Kec. Polongbangkeng Utara, Kab. Takalar,Sulsel. dalam Memperingati Hari Jadi KPA Lontara Adventure tanggal 10/10/2016

mereka melakukan Ekspedisi Penelusuran Jejak Pahlawan di MT. Langgese dengan Ketinggian 1957 mdpl. MT. Langgese ini sebagai bukti bersejarah perjuangan Ranggong Dg. Romo di Kab. Takalar. dimasah Perjuangan Kemerdekaan Indonesia Gunung Laggese ini di Jadikan tempat persembunyian Panglima dan Pasukan Lapris. tempai itu pula sebagai saksi bisu Panglima Lapris Ranggong Dg. Romo menghembuskan nafas terakhirnya. pada 28 Februari 1947 di masa itu Persembunyian Pasukan Lapris di Gunung Langgese tiba-tiba di kepung oleh belanda Ranggong Dg. Romo melakukan perlawana dan pada akhirnya Tewas . “pesan terakhir Ranggong Dg. Romo : Lanjutkan Perjuangan” inilah yang membuat inspirasi KPA Lotara Adventure melakukan Kegiatan Ekspedisi Mt. Langgese, kegiatan ini dilaksanakan mulai Tanggal 1 s/d 2 Oktober 2016, Berlokasi di Desa Kale Ko’mara Kec. Polongbangkeng Utara, Kab. Takalar.

Tema Kegiatan : Melawan Lupa (Penelusuran Jejak Pahlawan Nasional Ranggong Dg. Romo) Tujuan Kegiatan : Melestarikan dan pemperkenalkan tempat Bersejarah di Kabupaten Takalar yang belum terekspos dalam perjalana ke puncak Mt. Langgese 1957 mdpl, membentuk tim Ekspedisi yang terdiri 6 orang anggota Kpa Lontara Adventure, 1 orang masyarakat setempak selaku petunjuk Jalan jarak tempuh dari Kontor Desa Kale Ko’mara Kepuncak Langgese sekitar 5 jam Perjalanan dan cuma bisa di akses dengan berjalan kaki di atas Puncak Mt. Langgese ini kita bisa melihat keindahan kota Takalar dan Kota Je’neponto ujar Abit (ketua Kpa Lontara Adventure) 21/11/2016

Ketua KPA Lontara Adventure menambahkan ucapan Terima Kasih kepada Kepala Desa Kale Ko’mara dan Dg. Lanti (Sang Juru Kunci gunung Langgese), atas bantuan mereka Ekspedisi ini bisa berjalan lancar Kepala Desa Kale Ko’mara menyampaikan apresiasi kepada KPA Lontara Adventur yang selama ini mengekspos dan memperkenalkan ke publik tempat bersejarah dan tempat wisata Alam yang ada di Kale Ko’mara selain itu KPA Lontara ini juga perna melakukan Aksi Bersi dan Pemasangan Papan Himbauan di 3 Telaga Ko’mara, pungkas Pak.Desa Kale Ko’mar(Abit)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*