class="entry-header mh-clearfix">

MASYARAKAT UJUNG BAJI KEMBALI UNJUK RASA TERKAIT PENAMBANG YANG AKAN BERDAMPAK PADA ABRASI PANTAI.

PEMBAHARUAN POST MENERIMA LAYANAN PEMASANGAN IKLAN DEMI KESUKSESAN DAN KEBERHASILAN USAHA ANDA

Takalar-Terkait masalah tambang pasir di Desa Ujung Baji, Keca. Sanrobone, Kab. Takalar. Masyarakat yang berasal dari 5 Dusun yang ada, melakukan aksi demo dan mendatangi kantor Desa untuk memprotes kegiatan penambangan pasir yang terindikasi tidak mengantongi izin. (Rabu:03-01-2018).

Aksi yang tersebut merupakan aksi lanjutan yang beberapa bulan lalu juga telah di laksanakan oleh masyarakat desa tersebut. Namun pengelola tambang seakan keras kepala dan kebal hukum. Karena wealau beberapa kali di protes warga, aktifitasnya tetap dijalankannya.

Sekretaris DPC JPKP Kec. Sanrobone Hasanuddin mengungkapkan bahwa, selama proses penambangan berjalan banyak menimbulkan dampak yang merugikan masyarakat seperti rusaknya jalan, drainase dan juga jembatan penghubung antar dusun.

Lanjut Hasanuddin bahwa,yang lebih parah lagi lokasi penambangan berada di dekat pantai sehinga akan berdampak terjadinya abrasi pantai yang bergitu dahsyat. Apalagi juga sangat berdekatan dengan perumahan warga dan lokasi SDI maccini baji. Olehnya itu apapun alasannya aktisfitas penambangan tersebut harus di hentikan, karena ini adalah tuntutan masyarakat. Olehnya itu kami dari JPKP (Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan) juga akan mengambil langkah hukum ketika kegiatan penambang tersebut akan segera di hentikan. Ungkap Hasanuddin.

Menanggapi aksi tersebut. Kades Ujung Baji Dewagong Tawang di hadapan warga. Bahwa pemerintah tidak ada hak untuk melarang, karena hak sepenuhnya adalah hak masyarakat yang untuk menghentikannya. Jadi sebagusnya masyarakatlah sendiri yang menutup tambang tersebut dengan berkordinasi dengan pengelola dengan pemilik lahan. Dan sebenarnya saya juga tidak mengetahui proses sebelumnya. Nanti ketika sudah ada alat berat baru saya tahu bahwa akan ada penambangan. Urai Kades.

Abd. Kadir Nagga salah seorang tokoh masyarakat mengungkapkan bahwa, seorang pemerintah seharusnya sangat mengerti kondisi wilayahnya sehingga apapun yang akan terjadi apalagi akan berdampak bagi masyarakatnya seyogyanya harus diketahuinya.(HSN)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*