KAPOLRES JENEPONTO AKBP JOKO SUMARNO: CATAT NAMA & PANGKAT, KALAU PERLU PHOTO. SAYA AKAN TINDAK TEGAS ANGGOTA YANG MELAKUKAN PUNGLI.

PP Jeneponto – Pungutan liar atau pungli adalah pengenaan biaya di tempat yang tidak seharusnya dikenakan atau dipungut. Kebanyakan pungli dipungut oleh pejabat atau aparat, walaupun pungli termasuk ilegal dan digolongkan sebagai KKN, tetapi kenyataannya hal ini jamak terjadi di Indonesia. Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menindak dan menangkap kemungkinan adanya pelaku praktik pungutan liar (pungli) di Indonesia. Begitu pula halnya di Jeneponto Kapolres Jeneponto AKBP Joko Sumarno berjanji akan menindak tegas anggotanya jika melakukan pungutan liar atau Pungli.

“Kalau ada oknum anggota yang melakukan pungli dan itu terbukti maka saya tidak segan segan melakukan tindakan sesuai aturan , “tegas Joko. Joko mengungkapkannya saat di temuai media MPK NEWS bersama Pembaharuan post.com dan beberapa wartawan lainnya di Ruang Kerja Mapolres Jeneponto, Jl Lanto Dg Pasewang, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto,Sulsel. ( Selasa :18/10/2016).

Menurut Joko, apapun tugas Kepolisian baik bentuk pelayanan polisi harus bebas dari pungli dan Kalau ada yang di dapat melakukan praktek pungli laporkan saja ,cara untuk melaporkan oknum anggota Polres yang terlibat pungli sangat mudah.
“Hanya dengan mencatat namanya, pangkatnya, lalu laporkan ke kita, kalau perlu foto atau ambil gambarnyasebagai bukti ,kita akan tindak sesuai dengan aturan yg berlaku, “tambah Joko.

Dan ini bisa Ancamannya bagi oknum anggota Polres Jeneponto yang terbukti lakukan pungli dapat di beri sanksi pemecatan.

“Bila semua itu dapat dibuktikan kita akan laporkan ke pimpinan, nanti pimpinan yang tindak lanjuti bahakan bisa dapat sanksi pemecatan “tutur Joko.

pihak polres sudah melakukan unsur pencegahan dengan membentuk Tim, menempatkan anggota Propam di beberapa unit layanan.

“Kita sudah bentuk tim, ada dari intel, Propam dan Reskrim dan masing sudah ditempatkan di beberapa tempat pelayanan masyarakat seperti sim dan samsat, “ungkapnya.(Ardi jentak)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*