class="entry-header mh-clearfix">

DESA LASSANG BERINOVASI DENGAN PROGRAM MENGOLA TUAK MENJADI PUPUK CAIR.

PEMBAHARUAN POST MENERIMA LAYANAN PEMASANGAN IKLAN DEMI KESUKSESAN DAN KEBERHASILAN USAHA ANDA

PP. Takalar.Dalam meningkatkan sumberdaya dan kafasitas masyarakatnya untuk mengelola sumber daya yang di miliki desanya. Pemerintah Desa Lassang, Kecamatan Polongbangkeng Utara menggelar pelatihan pembuatan pupuk organik. Pembuatan pupuk organik tersebut  berasal dari bahan baku tuak (Ballo) yang banyak di produksi oleh masyarakat Desa Lassang. Kegiatan tersebut di laksanakan di Aula pertemuan Desa Lassang yang di hadiri 45 orang peserta, termasuk tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan masyarakat petani. (Rabu:18-12-2019)

Menurut Kepala Desa Lassang  Jufri Dg Tutu. Bahwa “ Melihat banyaknya hasil minuman dari pohon nira/pohon lontar.  Maka  muncul ide dari pemerintah desa Lassang untuk diolah menjadi pupuk cair yang bermanfaat bagi petani, sehingga petani tidak ketergantungan lagi dengan  pupuk kimia yang lambat laun akan merusak unsur hara tanah. Dan Melalui pelatihan ini masyarakat dilatih untuk membuat pupuk organik cair yang bahan-bahannya bersumber dari alam sekitar terutama air nira/lontara yang di kenal dengan Ballo.”

Selain itu lanjut Jufri Daeng Tutu bahwa “Selama ini minuman minuman tersebut sering di komsumsi masyarakat,  juga  dikenal memiliki dampak negatif karna bisa memabukkan bagi peminumnya. Ternyata dari hasil penelitian minuman tersebut juga memiliki dampak positif khususnya bagi masyarakat  petani. Karena minuman tradisional yang bersumber dari pohon nira/pohon lontar ini ternyata memiliki kadar glukosa alami yg sangat dibutuhkan oleh tanaman dal hal proses pertumbuhan dan pembuahannya.” Jelasnya

Olehnya itu kedepan program ini akan dijadikan sebagai ptoduk unggulan Desa Lassang untuk diproduksi dan dikembangkan serta di komersilkan melalui BUMDes. (Pp)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*