DESA KANREAPIA KEMBALI MENJADI SENTRA BUDIDAYA MARKISA KHAS VARIETAS MALINO GOWA.

PP. Gowa. Markisa varietas Malino kembali dibudidayakan oleh Kelompok Tani Markisa Desa Kanreapia Kecamatan Tombolo Pao Kabupaten Gowa, Sulsel.(Kamis: 02 / Pebruari / 2017)

Walau bibit yang sudah disebar dianggap masih masih kurang tetapi ini sudah menjadi langkah awal untuk mengembalikan kejayaan buah Markisa. Desa Kanreapia sejak dahulu dikenal sebagai central buah Markisa. Maka sejak  Tahun 2014 Lalu mulai dibudidayakan Kembali Oleh Lembaga Gapoktan Butta Gowa,  dan di pada akhir Tahun akhir 2016 kemarin mulai dibentuk Kelompok Tani Markisa.

Kelompok Tani ini akan menjadi penggerak dan pelestari buah Markisa Lokal (Varietas Malino). Sekedar di ketahui bahwa Buah Markisa dapat tumbuh pada ketinggian 800 – 1500 dari Permukaan laut dan sangat Pas dengan desa Kanreapia olehnya itu Saat ini Desa Kanreapia akan kembali menjadi Central Budidaya Buah Markisa.

Daeng Ngabu mengungkapkan bahwa, Alasan kenapa buah Markisa ingin diLestarikan Karena buah Markisa adalah buah andalah dan khas Kabupaten Gowa dan menjadi oleh – oleh khas Sulawesi Selatan, kedua akan menjadi pendapatan tambahan buat masyarakat petani dengan memanfaatkan Lahan Tidur dan pekarangan rumah tanpa menggangu tanaman sayuran yang sudah ada. Kuncinya. (Jamal)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*