class="entry-header mh-clearfix">

BUPATI GOWA ADNAN PURICHTA ICHSAN. BUKA MUSYAWARAH APPALILI DI BONTOMARANNU.

PEMBAHARUAN POST MENERIMA LAYANAN PEMASANGAN IKLAN DEMI KESUKSESAN DAN KEBERHASILAN USAHA ANDA

PP.  Gowa. Sebagai tanda di mulainya musim tanam oleh para petani, maka kegiatan budaya “Appalli” di gelar oleh masyarakat petani Kabupaten Gowa, di pusatkan di Kelurahan Borong Loe, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa Sulsel yang di hadiri dan di buka langsung oleh Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan. (Kamis : 12-10-2017).

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan. Dalam sambutannya mengungkapkan bahwa, Musyawara appalili merupakan suatu tradisi yang telah di lakukan secara turun temurun yang di kemas dalam bentuk ucapan adat untuk menandai awal musim tanam, di dalam tradisi petanii tidak akan memulai turun sawah sebelum di selenggarakan appalili yang di tandai dengan bunyi_bunyi paganrang yang di arak dari balla lompoa menuju lahan kerajaan yang di sebut lonjoboko namun seiring dengan perkembangan zaman maka appalili juga, mengalami pergeseran nilai dan fungsi yakni sebagai wadah penyalur aspirasi melalui musyawarah untuk mencapai mu fakat antar petani, pelaku usaha pemerhati pertanian dan pemerintah dalam menyusun perencanaan/program pembangunan pertanian pada tahun berikutnya namun demikian demikian pemerintah kab.gowa akan tetap melestarikan nilai_nilai budaya yang terkandung dalam appalili ini sehingga nantinya akan menjadi salasatu pembangunan kearifan lokal sebagai destinasi wisata budaya di kab.gowa. Jelas Adnan.

Lanjut Bupati menjelaskan. Sebagai tindak lanjut pembangunan pertanian sebagai mana telah di sepakati dan di rumuskan pada musyawarah appalili sebelumnya maka pemerintah kab.gowa menetapkan rencana strategis sasaran pembangunan pertanian tahun 2017/2018 yaitu terwujudnya masyarakat petani yang berkualitas ,mandiri dan berdaya saing menuju pertanian yang berwawasan agribisnis yang berkemajuan sebagai mana tema musyawarah appalili tingkat kabupaten gowa 2017. Kunci Adnan, yang juga ponakan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo.

Turut hadir dalam kegitan ini,  Wakil bupati gowa yang juga pjs kepala dinas tanaman pangan dan horti, Ketua DPRD. Kab. Gowa. kepala dinas ketahan pangan tanaman pangan dan hortikultura prov. Sul -sel beserta rombongan ,para asisten sekretariat daerah Gowa, Para kepala SKPD. Lingkup pemerintah kab.gowa ,kepala UPTD lingkup kemenrian pertanian dan dinas ketahanan pangan tph provinsi sul_sel serta stakeholder, Para camat, teristimewa kepada unsur muspika kec.bonto marannu, Para pengurus KTNA tingkat provinsi sul_sel, para kepala desa ,tokoh masyarakat pengurus gapoktan dan  kelompok tanii serta seluruh undangan lainnya.(Laporan: Wahyudi)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*