class="entry-header mh-clearfix">

ANTISIPASI BANJIR TAHUNAN, KADIS PU TAKALAR BENAHI SALURAN DRAINASE.

PEMBAHARUAN POST MENERIMA LAYANAN PEMASANGAN IKLAN DEMI KESUKSESAN DAN KEBERHASILAN USAHA ANDA

PP. Takalar. Sejumlah ruas jalan di kelurahan Kalabbirang, Kecamatan Pattalassang yang merupakan jalan poros ibukota kabupaten menjadi langganan banjir dari tahun ke tahun.

Beberapa titik rawan banjir seperti di sepanjang Jalan Ince Husain Dg Parani yang merupakan jalan menuju RSUD Padjonga Dg Ngalle, Jalan Mappijalling Kawan khususnya di area terminal angkutan darat, serta di Btn Balinda.

Untuk mengantisipasi kejadian yang sama pada tahun sebelumnya, pemerintah kabupaten Takalar mulai bergegas melakukan antisipasi, untuk mencegah terjadinya banjir.

Salah satu upaya tersebut, yakni dengan mengangkat sedimen pada saluran drainase  karena mulai terjadi pendangkalan dan berpotensi menyumbat aliran air , serta memperbaiki drainase yang mulai rusak atau retak.

“Bapak Bupati mewanti-wanti kita untuk tidak lengah melakukan pengelolaan dan pemeliharaan drainase untuk penanganan banjir pada musim hujan. Sebelum memasuki musim hujan, dari sekarang kita bergerak aktif bekerja agar nanti ketika musim hujan tiba tidak ada lagi masalah genangan banjir yang terjadi seperti tahun sebelumnya,” beber Plt Kepala Dinas PUPR Nazruddin Aziz.

Nazruddin Aziz mengungkapkan, pemeliharaan dan pengelolaan drainase tahun ini sepanjang 3 km dengan mengadopsi sistem pemeliharaan yang digunakan oleh sejumlah kota besar di Indonesia seperti kota Jakarta dan Kota Makassar.

“Jadi, kita angkat sedimen drainase kemudian dimasukkan kedalam karung dan dibuang. Karena kalau kita cuma keruk dan disimpan diatas drainase justru berpotensi akan kembali menjadi sedimen,” Pungkasnya.

Plt Kadis PUPR juga menambahkan bahwa kedepan juga Bupati Takalar juga menginstruksikan agar drainase ditutup plat pelintas untuk mencegah kotoran jatuh kedalam saluran drainase.

Serta, secara bertahap drainase yang tertutup papan pelintas, dan tersumbat di depan RSUD Padjonga Dg Ngalle akan  dibuatkan bak kontrol untuk memudahkan pembersihan drainase.

“Kendala terbesar kita drainase didepan rumah sakit, karena tertutup salurannya dan tidak ada bak kontrol, jadi kedepan kita rencana akan buatkan bak kontrol dan beberapa pipa akan diberikan agar ada saluran pembuangan dari jalan ke drainase,” tutupnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*